jatuhnya kota konstantinopel ke tangan turki usmani membawa dampak Jawaban Soal Terbaru 2022

  • Whatsapp

Jelaskan hubungan antara kejatuhan Konstantinopel ke tangan Turki Usmani dan kemunculan penjelajahan samudra

Bacaan Lainnya

Jawaban

Pada tahun 1453, Sultan Turki Usmani, Sultan Mehmed II menaklukkan kota Konstantinople dan mengahiri Kekaisaran Romawi Timur. Turki Usmani lalu menjadikan Konstantinople sebagai ibukota baru, menggantikan Edirne. Penaklukkan ini memiliki dampak besar bagi Eropa. Takluknya Konstantinople menutup jalur perdagangan Eropa ke Asia, serta menyebabkan banyak ilmuwan Yunani dari Konstantinople yang mengungsi ke Eropa. Para ilmuwan Yunani dari Konstantinople mengungsi ke Italia dan negara Eropa lainnya. Mereka membawa ilmu pengetahuan dan buku-buku Yunani Kuno yang sangat berharga dalam perkembangan ilmu pengetahuan di Eropa. Contoh pengungsi Yunani di Eropa adalah Demetrios Chalkokondyles, ilmuwan Yunani yang mengungsi dan menjadi pengajar di universitas-universitas ternama Eropa saat itu, di Padua, Fiorentina dan Milan.
Sebelumnya Konstantinople merupakan pusat perdagangan penting. Ini karena kota ini merupakan terminus jalur perdagangan dari Asia ke Eropa baik jalur darat, yang melewati India, Persia dan Timur Tengah, maupun jalur laut yang melewati Selat Malaka, Samudera Hindia dan Laut Merah. Republik-republik maritim Italia yaitu Genoa dan Venesia sebelumnya memiliki kongsi dagang di Konstantinople. Dari sini mereka membeli rempah-rempah, sutera dan barang berharga lain dari Asia yang dibawa pedagang Yunani dan Arab.
Dengan takluknya kota ini, Turki Usmani bisa melarang para pedagang Eropa ini beraktifitas dan memonopoli perdagangan Eropa dengan Asia. Akibatnya harga rempah-rempah di Eropa naik akibat penguasaan ini. Ini mendorong negara Eropa seperti Portugal dan Spanyol untuk mencari jalur perdagangan alternatif ke Asia dengan mengitari benua Afrika dan melalui jalur barat. Portugal berhasil menemukan jalur laut setelah Vasco da Gama menemukan jalur ke India dan dari sini Afonso de Albuquerque menaklukkan Malaka pada tahun 1511 dan Antonio de Abreu akhirnya menemukan rute ke kepulauan Maluku pada tahun 1512. Dalam penjelajahannya, negara-negara Eropa ini akhirnya secara tidak sengaja menemukan Benua Amerika, dimulai dari perjalanan Colombus tahun 1492.

Dengan demikian, berikut ini dampak jatuhnya konstantinopel ke tangan kesultanan turki utsmanibagi masyarakat eropa yaitu :

Kemunduran perdagangan di Laut Tengah
Runtuhnya kekaisaran Romawi Timur
Jalur perdagangan antara Eropa dan Asia terputus dikaranakan dominasi kerajaan Turki Usmani, sehingga para pedagang Eropa mencari jalan lain untuk mendapatkan rempah-rempah.
Jatuhnya kota konstantinopel sebagai penanda di Eropa terjadi zaman Renaisans sekaligus juga pertanda berakhirnya abad pertengahan.
Adanya keinginan bangsa Eropa untuk membalas dendam kekalahan di Konstantinopel
Turki Usmani berhasil mendobrak dominasi Eropa dan doktrin gereja
Ilmu pengetahuan timur dibawa ke barat.

Originally posted 2022-03-05 16:32:52.

Itulah tadi jawaban dari jatuhnya kota konstantinopel ke tangan turki usmani membawa dampak, semoga membantu.

Kemudian, Pak Guru sangat menyarankan siswa sekalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang majemuk atau multikultural. Kemajemukan masyarakat Indonesia ditandai dengan? dengan penjelasan jawaban dan pembahasan yang lengkap.

Nantikan Jawaban Yang Lainnya,

Jawaban ini telah diperbaharui pada tanggal 2022-05-13 21:12:06

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.