Sebuah sampel air dari kontrak ditemukan 80 persen mesylene (zat beracun) setelah pengujian laboratorium oleh Badan Perlindungan Lingkungan Regional di Wrocław.

Kekeringan yang terjadi di Eropa saat ini, membuat permukaan sungai tetap rendah juga merupakan salah satu penyebab meningkatnya polusi.

Selain itu, pihak-pihak terkait percaya bahwa muatan oksigen yang kuat memasuki aliran Oder dan bercampur, mengakibatkan peningkatan kandungan oksigen di sungai.

Kadar oksigen yang tinggi di sungai dapat mengancam kelangsungan hidup organisme, termasuk ikan, tetapi pemerintah setempat meminta warga untuk tidak panik.

Perdana Menteri Mateusz Morawiecki, setelah menerima laporan tentang insiden ini, berjanji untuk menghukum mereka yang tidak bertanggung jawab jika mereka terlibat dalam penyebab insiden ini.

Beberapa distrik Jerman yang berbatasan dengan Polandia juga telah memperingatkan semua warganya, terutama yang tinggal di sekitarnya, untuk tidak memakan ikan apa pun dari Oder, sementara penyebab kematian ribuan ikan masih belum dapat dijelaskan.